• E-mail : disdukcapil@batubarakab.go.id
  • Phone : 0811622347
  • Dilihan 160x
  • Sabtu
  • 2022-07-23
  • Berita Pemerintahan

Batu Bara Raih KLA Tingkat Pratama Mendorong Terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA)

Batu Bara,

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) bersama Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) menggelar acara bertajuk nonton bareng Puncak Perayaaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022. Puncak Perayaan HAN yang dihadiri Presiden Joko Widodo itu digelar di Kebon Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/07/2022).

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Riyadi, beserta jajarannya dan Forum Anak Kabupaten Batu Bara, turut hadir mengikuti Puncak Perayaan HAN secara virtual di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka.

Dalam acara itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat HAN kepada seluruh anak-anak Indonesia dan berpesan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas.

“Saya mengucapkan selamat hari anak kepada anak-anakku. Semuanya harus belajar, jangan lupa berdoa, sembahyang, sholat dan jaga kesehatan. Jangan lupa pakai masker di mana pun, karena Covid-19 saat ini masih ada,” ungkap Jokowi.

Di samping itu, ada beberapa tujuan khusus dalam pelaksanaan Hari Anak Nasional, diantaranya yakni mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030, menurunkan angka kekerasan terhadap anak, mencegah dan menurunkan angka pekerja anak atau anak yang dieksploitasi secara ekonomi dan memastikan anak tetap mendapatkan hak belajar, bermain dan bergembira pasca pandemi Covid-19 sehingga tidak terjadi perkawinan di usia anak.

Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk melakukan kerja-kerja aktif terhadap tumbuh kembang anak. Dalam mewujudkan hal tersebut, atas dukungan dari Bupati Zahir dan Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Maya Zahir, melalui Dinas Sosial PPPA, Kabupaten Batu Bara berhasil mendapatkan penghargaan tingkat nasional Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian PPPA untuk Kategori Pratama, pada 22 Juli 2022.

“Penghargaan ini adalah sebuah fondasi sebagai dasar bagi semua OPD terkait untuk melaksanakan tentang pemenuhan hak anak maupun melaksanakan tentang perlindungan anak,” ujar Riyadi. 

BERITA TERBARU