• E-mail : disdukcapil@batubarakab.go.id
  • Phone : 0811622347
  • Dilihan 175x
  • Selasa
  • 2022-07-26
  • Berita Pemerintahan

Hari Mangrove Sedunia, Pemkab Batu Bara bersama Lanal TBA Tanam 5.000 Bibit Mangrove Serentak

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara, Sumatera Utara, bersama Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai-Asahan (TBA) melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove di Pantai Jono, Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Selasa (26/07/2022).

Penanaman bibit mangrove dilakukan oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang diwakili oleh Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima, S.E., Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, Asisten II Setdakab Batu Bara, Ketua DPRD Batu Bara dan sejumlah Kepala OPD Batu Bara.

Penanaman serentak tersebut selain untuk mengurangi abrasi pantai juga dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Danlanal TBA mengatakan bahwa Lanal Tanjungbalai-Asahan mendapatkan dukungan dan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Asahan Barumun sebanyak 5.000 bibit mangrove. 

“Ini sudah dilakukan mulai dari tingkat pusat sampai dengan daerah. Di daerah mendapatkan dukungan dari BPDASHL Asahan Barumun sebanyak 5.000 bibit,” jelas Letkol Laut (P) Aan.

Danlanal TBA menambahkan kegiatan penanaman dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting di 77 lokasi se-Indonesia. 

“Diikuti oleh jajaran TNI AL dari sabang sampai Marauke bersama-sama dengan Forkopimda yang tersebar di 77 titik di Indonesia,” lanjut Danlanal TBA.

Sementara itu, Wabup Oky mengatakan penanaman mangrove bermanfaat bagi masyarakat Batu Bara dengan hadirnya wisata-wisata mangrove di beberapa daerah.

“Semoga ini berdampak baik bagi Kabupaten Batu Bara dan di wilayah Desa Lalang tepatnya di Pantai Jono ini,” ujar Wabup Oky. 

BERITA TERBARU